Pelatihan Komputer & Internet

05 November, 2009

My Graduation Ceremony

Bahrul Fawaid


Alhamdulillah…, puji syukur kehadirat Allah yang Maha Kuasa yang tiada terhingga. Pada tanggal 10 Oktober 2009 saya di wisuda oleh Rektor ITS Prof. Ir. Priyo Suprobo, M.S., Ph.D. pada wisuda yang ke-99 dengan jumlah wisudawan 3.099 orang. Pada wisuda kali ini adalah wisudawan terbanyak selama ITS melaksanakan Wisuda pada tahun-tahun sebelumnya. Sehingga panitia memberlakukan system shift yang terbagi menjadi 3 (tiga) shift, yaitu Pada shift pertama wisuda dimulai pukul 08.00 WIB dan shift ke-2 pada pukul 13.00 WIB sedangkan pada shift ke-3 pada taggal 11 Oktober 2009 pukul 08.00 WIB yang bertempat di Gudung Graha ITS. Dan saya memperoleh jatah pada shift pertama yang di ikuti oleh semua Fakultas Teknologi Industri (FTI) yang meliputi Jurusan Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Industri dan Teknik Material dan Metalurgi.


Pagi-pagi Berangkat dari Kos


Panitia pelaksana wisuda telah memperingatkan berkali-kali kepada kami bahwa para wisudawan tidak boleh telat. Pukul 07.00 WIB wisudawan harus sudah bekumpul di Graha ITS dan jika ada wisudawan yang terlambat maka tidak akan di perkenankan mengikut prosesi wisuda. Pukul 06.50 WIB sampai juga di kampus, namanya mahasiswa tetap saja saling tunggu kalau tidak datang semuanya ya tidak berangkat ke Graha walhasil kita prediksikan telat. Malah nyampek di Graha masih juga belum semua peserta wisuda datang.


Foto-foto Dulu Sebelum Masuk ke Graha


Sambil menunggu teman-teman yang belum datang, para wartawan kampus mulai bereaksi jepret sana jepret sini biasa itung-itung buat kenang-kenangan. Sekitar 20 Menit menunggu sambil foto-foto ada panggilan “diharapkan para wisudawan berbaris sesuai denga nomer urut masing-masing”. Serentak kita semua berbaris, sambil menunggu teman-teman yang lain pada masuk ke Graha eh malah kita foto-foto. Sambil lirik kanan-kiri takut diketahui petugas tak disangka bapak petugasnya malah ada di belakang kita. Tapi bapaknya baik gak marah cuma negur aja “kalau sudah gilirannya masuk cepet masuk yah”,kata Bapaknya “OK Pak”, Kata salah satu dari kita.


Rektor, Pembantu Rektor (I, II, III, IV) dan Seluruh Dekan ITS


Para Wisudawan Menyanyikan Hymne ITS dengan Khidmat


Diiringi dengan suara Gong dan paduan suara ITS mengiringi langkahku memasuki Gedung Graha ITS. Ternyata di dalam Graha wisudawan sudah banyak sekali dan para undangan juga sudah memasuki ruangan serta orang tua wali dari wisudawan pun sudah memenuhi lantai 2. Setelah duduk kita disuruh berdiri karena rombongan Rektor akan memasuki ruangan setelah itu paduan suara menyanyikan lagu sampai dua lagu setelah itu di persilahkan duduk kembali. Acara demi acara berlalu begitu saja tanpa aku perdulikan karena terasa membosankan.


Pembagian Ijazah oleh Dekan FTI Prof. Dr. Ir. Sulistijono, DEA


Akhirnya acara yang ditunggu-tunggu dari tadi dimulai juga, yaitu pembagian ijazah oleh Dekan FTI. Pembagian ijazah di panggil satu persatu naik ke panggung dan di ikuti oleh rekan-rekannya mulai dari program Dokto (S3), Pasca Sarjana (S2), Sarjana (S1), Diploma (D4 dan D3). Setelah jurusan D3 Teknik Mesin selesai langsung disusul oleh jurusan D3 Teknik Elektro dan pada akhirnya sampai juga pada giliranku untuk mengambil ijazah dari Dekan dan lansung bersalaman dengan Rektor. Huiii….. rasanya semua mata tertuju padaku, jadi kagak PD (Percaya Diri) aku cepatkan langkahku setelah bersalaman dengan Rektor “Jangan cepat-cepat”, Tegur salah satu panitia. Sampai ditempat duduk membuatku lega rasanya tidak ada mata-mata yang memandangiku Huuu.


MABA’09 (Mahasiswa Baru 2009) Menyambut Kami dengan Meriah


Jam menunjukkan pukul 11.30 WIB acara wisuda untuk shift pertama selesai dan kami langsung di sambut oleh MABA ‘08&’09 untuk selanjutnya di giring ke kampus (kayak bebek aja di giring). Sampai di kampus MABA’09 sudah pada baris di depan pintu masuk untuk acara makan-makan di depan kampus sambil mengucapkan “selamat datang kakakku….3X semoga anda bahagia”. Acara seperti itu di kampus kami sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun tapi dengan format yang berbeda tentunya. Untuk wisuda kali ini terasa aneh, selain acaranya di halaman kampus makan-makannya juga prasmanan.


Para Wali dari Wisudawan D3 Teknik Elektro Mengikuti Acara di Halaman Kampus


Setelah wisudawan datang semua dan absent di depan pintu masuk tak kuasa rasanya berada dalam ruangan yang panas. Dan kita biarkan para wali dari wiasudawan yg mengikuti acara yang telah di format oleh MABA. Kita (wisudawan) milih foto-foto di dapan Lab. Elka Dasar BB102, di dalam Work shop dan di sekitar kampus D3. Acaranya sambutan dari wali wisudawan yang diwakili oleh orang tuan dari Rahmah Chaula I. dan Risa Prasetya W., sambutan dari TKK Jurusan oleh Bapak Imam Arifin serta hiburan dari MABA dan sumbangan dari teman kita Debra Ahmad Fajrin Naro sekaligus sebagai Komting (Komandan Tinggi)/Ketua angkatan 2006.


Foto-foto di dalam Work Shop


Foto-foto di depan Lab. Elka Dasar BB 102


Acara biarlah berjalan dengan sendirinya tapi kita tetap abadikan moment yang mungkin hanya sekali ini. Satu orang yang di foto yang lainnya ikut tanpa di sengaja jadi satu angkatan yang foto bersama tak karuan. Ada teman saya yang minta hanya foto untuk 4 orang saja, tapi ketahuan yang lainnya jadinya rameh sambil tertawa lepas. Senang rasanya kumpul-kumpul sama teman-teman seangkatan, seperjuangan dan kometmen awal kita adalah masuk bersama dan keluar pun hurus bersama-sama pula. Tapi kometmen itu tidak bisa kita lakukan karena ada beberapa orang yang masih nyantol pada semester akhir. Saya doakan semoga cepat lulus juga AMIN…


Konvoi Arak-arakan Wisudawan Keliling ITS di Depan Taman Alumni ITS


Setelah acara selesai dan para wali wisudawan makan, kami dipaksa ikut konvoi yang diprakarsai MABA. Para wisudawan rencananya mau diarak naik mobil, tapi untuk satu angkatan mobilnya tidak cukup jadi ada yang naik sepeda motor ikut MABA. Suara sepeda motor dan klaksonnya memekakkan telinga bagi mereka yang dekat dengan kami. Persis seperti di bawean kalau lagi lebaran & keliling bawean. Jalan di kampus dibuat macet oleh konvoi arak-arakan wisudawan dan SKK (Satuan Keamanan Kampus) membiarkan malah mengucapkan “selamat wisuda Mas hati-hati”, kata bapak SKK sambil mengatur arus lalu lintas bagi pengguna jalan yang lainnya.


Konvoi Arak-arakan Wisudawan Keliling ITS di Depan Teknik Perkapalan


My Best Friend Edrus Albar bin Adillah Albar

Thanks to :

  • Orang tua dan keluarga yang telah memberi semangat dan dukungan yang tak terhingga untuk melanjutkan studi saya di perguruan tinggi.
  • Teman-teman satu angkatan serta teman satu tim dalam menyelesaikan final project. “be positive thinking & Never give up”, Semboyan kami (angkatan’06)
  • Teman-teman yang selalu dan selalu memberi dukungan serta masukan kepada saya selama ini. Ka’ Hilal, ka’ Heri, ka’ Mohed, ka’ Apit, teman-teman PERSEBA yang di bawean maupun di rantau serta teman-teman yang tak bisa disebutkan satu persatu.
  • My best friend Edrus Albar Bin Abdillah Albar yang dari pertama daftar sampai sekarang selalu memberi semangat. Dan Alhamdulillah kita bisa masuk bersama-sama dan lulusnya juga bersama.
  • Doaku semoga semua Barokah, AMIN…….

0 komentar:

Maulud Pemuda Menara Malaysia