Pelatihan Komputer & Internet

14 November, 2009

Lebih murah internetan di warnet atau di rumah..?

Modem USB

Dulu, ketika ongkos akses internet di rumah masih mahal, warung internet (warnet) adalah satu-satunya pilihan ideal untuk browsing dan chatting. Warnet pun menjamur di mana-mana. Apalagi waktu itu belum banyak rumah yang dilengkapi dengan komputer. Laptop masih mahal dan teknologi seluler baru masuk ke dunia GPRS dan aplikasi Java yang waktu itu sudah terasa mewah.

Tapi sekarang, semuanya sudah berubah. Harga komputer sudah sangat bersahabat dengan pendapatan rata-rata masyarakat di kelas ekonomi menengah. Komputer jinjing juga semakin terjangkau, apalagi sejak booming netbook dengan konsep laptop kecil yang lebih nyaman diajak jalan ke mana-mana.

Dan yang terpenting, akses internet lewat jaringan seluler sudah sangat terjangkau. Kecepatannya sudah di atas rata-rata GPRS atau setara dengan kecepatan akses internet kabel. Pilihan aksesnya pun beragam, mulai dari akses langsung dari ponsel, menggunakan modem 3G dengan colokan USB yang praktis atau menggunakan fasilitas wifi yang gratis.

Modem USB koneksi dengan Laptop

Harga beli laptop juga tidak hanya murah dan terjangkau, tapi memiliki banyak varian.

Bahkan beberapa operator mulai menjajakan komputer jinjing dengan modem 3G yang sudah terintegrasi di dalamnya (built-in).

Atau kalau mau lebih praktis, beli saja komputer yang harganya jauh lebih murah dari laptop.

Modem PCMCIA

Untuk akses internet, kita bisa menggunakan ponsel sebagai modem. Atau kalau merasa kurang nyaman (karena cepat panas dan boros baterai), modem 3G bisa jadi pilihan tepat. Modem ini tersedia dalam dua varian, yaitu jenis USB dan PCMCIA. Harga modem USB berada di kisaran Rp. 700.000 sampai di atas satu juta rupiah. Sedangkan usb PCMCIA bisa dibeli dengan harga di bawah RP. 500.000, tergantung merek dan modelnya.

Dari segi kualitas, kedua jenis modem ini nyaris sama. Hanya saja PCMCIA yang berukuran lebih lebar standarnya hanya bisa digunakan untuk laptop, sedangkan modem USB bisa digunakan disemua komputer yang memiliki slot USB.


Modem PCMCIA Koneksi dengan Laptop


Sama halnya dengan beberapa jenis ponsel, banyak modem 3G yang dijual menyatu dengan kartu seluler (bundling) seperti modem StarOne-IVIO yang harganya di bawah Rp. 500 ribu. Dan untuk langganan internet, operator seluler menawarkan banyak pilihan paket. Mulai dari akses unlimited, berdasarkan pemakaian data atau berdasarkan waktu. Kalau ingin mencoba paket layanan pasca bayar, IM2 bisa jadi pilihan. Sedangkan untuk sistem pembayaran dimuka (pra bayar), Anda bisa menggunakan kartu IM3. Kedua produk dari Indosat tersebut menawarkan harga yang lebih bersahabat dan pas di kantong, di samping banyaknya pilihan paket internet. (jet)


Sumber : http://ads2.kompas.com/layer/blackberrycorner/hemat.php?id=63



0 komentar:

Maulud Pemuda Menara Malaysia