Pelatihan Komputer & Internet

19 Oktober, 2009

Masyarakat Barat Sawah Memindahkan Saluran Pipa Air

derasnya air korembhen

pada tgl 27/10/2009 kemaren, tepatnya setelah hari raya idul fitri, masyarakat barat sawah bergotong royong menurunkan saluran pipa air dari bhak-bhakan sampai ke tangki sare peddhis. hal ini agar lebih mempermudah mememeriksa pipa yang rusak dan agar saluran air semakin lancar. gotong royong ini dilakukan selama dua hari.

seperti bisanya apapun gotong royong yang dilakukan masyarakat tidak luput dari bantuan kaum hawa, para ibu-ibu juga tidak mau ketinggalan gotong royong, walaupun mereka tidak ikut memindahkan pipa, namun mereka ikut menyiapkan makanan untuk orang-orang yang kerja.


fait dan hilal bermain air

air yang disalurkan dari kapal-kapal sampai ke tangki sare pedhis ini memiliki kualitas kesehatan yang sangat tinggi, karena disamping airnya masih bersih dan jernih, juga masih belum terkena kotoran apapun, karena air ini disalurkan langsung dari sumbernya yang keluar dari batu besar. bahkan dahulu ada yang mengatakan bahwa air bersih itu rasanya lebih enak dari air mineral aqua dan yang sejenisnya.


memindahkan pipa

barat sawah adalah kampung menara yang pertama menyalurkan air bersih dari kapal-kapal atau korembhen, melalui pipa karet yang tebal dan kuat, alias anti pecah. kemudian disusul oleh kampung kelbung dan empat kampung bagian timur (gunung tinggi, button, pitung bulung dan gunung menur).


istirahat setelah selesai gotong royong

air diatas bukit itu disamping disalurkan ke kampung-kampung menara, namun juga disalurkan ke daerah-daerah lain, seperti teguh dan yang lainnya, terlihat di gerujukan terdapat pipa-pipa besar yang menyalurkan air tersebut ke daerah mereka, sehingga air sungai gerujukan yang disalurkan ke sawah-sawah kini semakin kecil, dan masyarakat harus bergantian menyalurkan air ke sawahnya masing-masing.


masyarakat sedang bermusyawarah tentang penyaluran air

barat sawah bisa dikatakan kampung yang makmur air, sebab air bersih ini sangat mencukupi kebutuhan hidup mereka. hal ini karena saluran air satu pipa itu hanya disalurkan kepada satu kampung saja, yaitu barat sawah, ditambah masjid dan madrasah.

1 komentar:

Herry mengatakan...

seharusnya barat sawah mendapatkan kalpataru dari pemerintah karena telah berhasil menyalurkan air bersih dari sumber air korembhan yang sangat jauh dari kampung secara swadaya. barat sawah adalah yang pertama. airnya pun mempunyai kualitas yang sangat tinggi.

Maulud Pemuda Menara Malaysia