Pelatihan Komputer & Internet

16 Juli, 2009

Pyramid Mesir



Mesir merupakan salah satu negara yang kaya dengan tempat-tempat wisata, karena negara ini memiliki peradaban yang tinggi dan peninggalan-peninggalan bersejarah. Hal itu tidak perlu diherankan karena negeri ini telah didatangi oleh para nabi, sehingga sampai disebut dengan “negeri para nabi”.

Diantara salah satu tempat wisata di Mesir adalah pyramid. Pyramid yang paling terkenal sampai sekarang adalah pyramid yang terletak di tengah padang pasir di daerah Giza. Pyramid ini adalah salah satu peninggalan bersejarah dan termasuk salah satu dari tujuh keajaiban tertua di dunia. Piramid ini adalah kuburan Fir’aun dahulu. Di dalam kuburan itu penuh dengan harta kekayaan Fir’aun yang tak terhingga, yang telah dikubur bersamanya agar kelak bisa digunakan jika dia telah bangkit kembali (menurut kepercayaan mereka). Namun kini harta kekayaan Fir’aun itu telah lenyap karena telah dicuri sejak ribuan tahun yang silam.

Pyramid tersebut dibangun karena orang Mesir kuno mempunyai keyakinan bahwa roh manusia itu akan kekal selamanya, dan suatu saat nanti mereka akan dibangkitkan kembali, setelah itu mereka akan hidup kekal selamanya. Oleh sebab itu masyarakat Mesir kuno membangun kuburan yang kuat untuk menyimpan mayat yang telah dimummi atau diberi bahan pengawet, kemudian di sebelah mayat tersebut disimpan segala apa yang dibutuhkan oleh mayat nanti, seperti alat-alat, perabot rumah, dan berbagai macam menu makanan dan minuman yang pernah dimakan waktu hidupnya. Sehingga jika rohnya kembali pada badan mayat tersebut maka dia akan hidup kekal selamanya. Di dinding kuburan tersebut diukir lukisan-lukisan yang indah, tujuannya adalah agar mayatnya merasa bahagia.

Spink

Pyramid yang terbesar di Mesir adalah pyramid kufu. Kufu adalah putera raja Sanfro dan penerus kerajaannya. Pembangunan pyramid yang terbesar ini menelan waktu selama dua puluh tahun. Tingginya mencapai 148 m. Luas pondasinya mencapai 13 ecre (5 hektar). Sedangkan jumlah batu yang digunakan untuk pembangunan pyramid ini mencapai 2.300.000 batu, dan berat keseluruhan batunya mencapai sekitar 5.500.000 ton.

Pyramid yang kedua adalah pyramid kafra’. Pyramid ini lebih rendah dari pyramid kufu. Sedangkan pyramid yang ke tiga adalah pyramid munqari’, piramid ini dibangun oleh raja Munqari’ yang berkuasa setelah raja Kafra’. Raja munqari’ ini berbeda dengan raja kufu dan kafra’, dia lebih dicintai oleh rakyatnya, sementara raja kufu dan kafra’ dikenal dengan raja yang dzalim dan keras, karena mereka telah memaksa ribuan rakyatnya untuk membangun pyramid tanpa ada hentinya.

Pyramid yang terbesar itu dibangun pada tahun 2600 SM. Bahkan ada yang mengatakan bahwa pyramid ini dibangun sebelum nabi Ibrahim masuk ke Mesir. Ada beberapa arsitek yang mengatakan bahwa sampai sekarang pyramid mesir masih termasuk bangunan tertinggi di dunia, bahkan melebihi tingginya menara efel di Paris. Walaupun sebenarnya kami masih belum bisa memastikan kebenaran pernyataan itu, yang jelas bagi kami bahwa saat ini sudah banyak bangunan pencakar langit yang melebihi tingginya pyramid.

Mereka juga mengatakan bahwa pyramid juga temasuk bangunan terbesar dalam sejarah manusia, disamping juga merupakan bangunan yang pertama kali dalam sejarah yang telah mempekerjakan sebanyak 25 ribu orang untuk membangun satu bangunan itu saja.

Dalam pembangunannya ada beberapa arsitek yang mengatakan bahwa Fir’aun memiliki kemampuan untuk menghentikan grafitasi bumi, sehingga mereka mampu membawa batu yang begitu besar ke lokasi bangunan dari tenpat yang jauh, kemudian mengangkatnya sehingga ditumpuk menjadi bangunan segi tiga sebagaimana yang kita lihat sekarang. Inilah keistimewaan pyramid yang dibangun pada masa dahulu sebelum adanya peralatan canggih seperti sekarang.

Sampai saat ini pyramid merupakan suatu kebanggaan yang sangat besar bagi masyarakat Mesir. Karena mereka memang suka melestarikan peninggalan-peninggalan bersejarah. Dan kini pyramid masih tetap menjadi tempat wisata utama di Mesir. Sehingga tidak heran jika ada orang asing datang ke Mesir rasanya yang pertama kali ingin mereka kunjungi adalah pyramid. Bahkan presiden AS barrack obama setelah menyampaikan pidatonya di cairo university sebelum kembali ke Amerika dia sempat berkunjung ke tempat bersejarah ini.

0 komentar:

Maulud Pemuda Menara Malaysia