Pelatihan Komputer & Internet

04 Juni, 2009

Hari ini kesempatan anda

Jika tiba waktu pagi maka janganlah menunggu sore, dan jika tiba waktu sore maka janganlah menunggu waktu pagi. Demikian nasihat Ibnu Umar kepada kita.
Hari ini adalah kesempatan anda, hari kemaren telah berlalu dengan suka dan dukanya, dan hari esok belum tiba waktunya, maka pergunakanlah kesempatan hari ini dengan sebaik-baiknya, hitunglah detik-demi detik dan menit-demi menit dengan ketat, jangan biarkan waktu berlalu tanpa mendapatkan apa-apa, atau tanpa berbuat apa-apa, hari ini saja kesempatan anda karena kemaren sudah lewat, dan esok anda belum tahu apakah ada kesempatan lagi atau tidak, dan kalau ada kesempatan belum tentu anda bisa berbuat.

Kerjakan apa yang semestinya anda kerjakan pada hari ini, dan janganlah tenggelam dalam bayangan masa lalu atau angan-angan hari esok, sehingga anda hanya duduk termenung tanpa berbuat apa-apa.

Hari ini adalah kehidupan anda, nikmatilah kehidupan hari ini, jangan sampai kehidupan anda hari ini keruh, dan pikiran anda kalut, hanya karena peristiwa-peristiwa yang tidak menyenangkan kemaren, jika anda makan nasi hangat hari ini, maka tidak masalah bagi anda nasi basi kemaren, jika ada orang yang berbuat baik pada anda hari ini, maka tidak masalah bagi anda orang yang menyakiti anda kemaren. Nikmatilah rezeki Allah yang diberikan kepada anda hari ini, dan terimalah pemberian Allah kepada anda hari ini.

Hari ini adalah kesempatan anda, beribadahlah sebaik mungkin hari ini, shalatlah dengan khusyu’, sempatkan membaca al-qur’an dan perbanyaklah berdzikir, jika anda ingin sedekah, maka sedekahlah hari ini juga, jagan tunda hingga esok hari, jika ingin shalat malam maka slahatlah malam ini juga, dan lakukanlah semua amal shalih yang bisa anda kerjakan pada hari ini.

Jika ingin berbuat baik, maka berbuat baiklah hari ini, karena hanya hari ini kesempatan anda, berbaktilah kepada orang tua, berkunjunglah kepada saudara, jenguklah orang sakit, bantulah orang yang memerlukan bantuan anda, mumpung masih ada kesempatan untuk berbuat baik kepada orang lain.

Kerjakan tugas-tugas anda hari ini dengan sebaik-baiknya, jangan menunda pekerjaan untuk hari esok, karena hari esok anda belum tentu sempat mengerjakannya, atau hari esok sudah ada pekerjaan lain yang telah menunggu anda.

Kalau anda seorang pelajar, maka pelajarilah pelajaran hari ini, kerjakan tugas-tugas hari ini, tulis apa yang harus anda tulis hari ini, hafalkanlah apa yang mesti anda hafalkan hari ini, dan jangan katakan besok masih ada waktu, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok, buanglah kata esok dari kamus anda.
Bekerjalah untuk hari ini, seakan-akan anda hanya hidup hari ini, sebab kesempatan anda adalah hari ini.

Oleh Munir Fuadi, MA from Universitas Al-Imam Saudi Arabia

0 komentar:

Maulud Pemuda Menara Malaysia